RevivaLTV

Kasus ini adalah akibat dari kekacauan antara Kyle dan AdmiralBulldog tentang aliran yang dapat Anda baca secara lengkap di sini.

Tentu saja ini menjadi perbincangan bagi banyak orang, mengingat Valve adalah pembuat dan pemilik game Dota 2 melegalkan streamer pihak ketiga.

Di turnamen Dota 2 biasanya banyak streamer di Twitch, Facebook, dan YouTube memanfaatkan legalitas stream Dota 2. Valve sebagai pemilik game mengklaim tidak keberatan dan semuanya berhak untuk pengembangan komunitas Dota 2 di berbagai daerah.

Sebenarnya, selalu ada "dua sisi koin". Bagus tentu saja untuk masyarakat, tetapi penyelenggara mengaku agak tidak nyaman dengan legalitas Valve yang satu ini. Mengapa demikian? Ulrich Schulze sebagai Managing Director ESL memberikan pendapatnya melalui akun Twitter sebagai berikut.

Ada beberapa poin yang bisa kita ambil mengenai pendapat Ulrich Schulze. Tentu saja ini menyangkut nama baik ESL, sponsor yang bekerja bersama, dan juga klien tidak langsung.

1. Ada 3 Sumber Keuntungan dari Turnamen

Tampilan atau sejumlah besar pemirsa, penjualan hak siar dan melalui sponsor. Tertentu Dota 2 melanggar satu hal, yaitu hak siar yang bebas untuk digunakan dan dapat dimonetisasi oleh streamer. Selain itu, jumlah pemirsa terbagi dan secara tidak langsung merugikan penyelenggara.

2. Nilai Hak Siaran Turnamen Penjualan

Turnamen nyata dapat dijual melalui hak siar yang dapat digunakan sebagai materi monetisasi untuk orang luar seperti ESPN Esports, Jaringan eGG, Permainan Facebook, dan sebagainya. Tentu saja legalitas hak siar gratis membuat penyelenggara kehilangan kesempatan ini.

BACA JUGA: Kyle Kritik, Admiral Bulldog: Komentar Bodoh dan Kurangnya Informasi

3. Kesulitan Diskusi Sponsor

Panitia mengklaim sulit meyakinkan para sponsor tentang kekuatan penjualan turnamen jika hanya hak siar yang dijual bebas oleh Valve. Tentu para sponsor akan merasa rugi jika logo atau merek tidak ditampilkan dengan jelas, disalahgunakan, atau bahkan ditutupi oleh pita pihak ketiga.

tim rahasia esl katowice
Sumber: ESL Dota 2

4. Alat Monetisasi Pihak Ketiga

Ulrich mengatakan game lain dapat uang platform yang dia jual seperti Twitch. Hak siar dari Dota 2 yang legal untuk semua pihak membuat harga aliran game yang satu ini tidak berharga. Bahkan, ESL yang berjuang untuk membuat format turnamen tidak mendapatkan uang bahkan dari pihak ketiga yang dapat menghasilkan uang dari hasil aliran siaran ESL.

Kasus ini membuat AdmiralBulldog yang memanggil "bodoh dan kurang informasi" kepada Kyle untuk menghapus tweetnya. Rasanya, Kyle juga merupakan pihak yang perlu didukung mengingat manfaat yang dibutuhkan oleh turnamen, tidak semata-mata fokus pada tim.

PPD, mantan pemain Evil Geniuses, dan juara The International 5 mendukung pernyataan Kyle. Memang perlu beberapa perubahan pada hak siar dan legalitas Valve Dota 2.

Ada kerugian nyata, terutama hak siar yang sangat penting dalam turnamen. Sebut saja hak siar Liga Premier yang menjadi perjuangan bagi beberapa saluran TV seperti beIN Sports, Mola TV, ESPN Sports dan lainnya.

Apakah perlu bagi Valve untuk merevisi hal-hal sedemikian rupa? Tentu saja mengikuti ketentuan hak siar akan mendukung penyelenggara turnamen untuk mendapatkan keuntungan dan mempercayakan sponsor.

Posting Stream Dota 2 Masalah Turnamen Turun, ESL Memberikan Opini muncul pertama kali di RevivaLTV.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here